Body

Cara Merawat Miss V : Pilih Trim, Shave, Wax atau IPL?

5:13 PM

Halo temen-temen!
Kali ini aku mau bahas topik yang jarang banget dibahas orang-orang. Tapi menurut ku ini sebenernya topik yang lumayan penting, karna masih banyak banget cewe-cewe yang binggung. Terutama yang baru puber dan binggung mau tanya kesiapa, karna dulu aku juga ngalamin kayak gitu hahaha.

Jadi sesuai judul nya aku akan bahas cara merawat Miss V atau Vagina. Sebagai perempuan tentu aja Vagina adalah salah satu organ yang berperan penting banget, dan pasti nya juga harus dirawat dengan baik. Karna kalau gak dirawat dengan baik, bisa jadi penyakit juga.


Jadi disini aku bakal bahas tentang Vagina sehat dulu, baru abis itu aku akan bahas cara ngerawatnya. Jadi di baca sampe abis ya! Karna part ini juga penting banget.

Ciri-ciri Vagina sehat:
1. Agak lembap/gak terlalu kering
2. Tidak berbau menyengat (gak amis/anyir)
3. Cairan berwarna bening/putih susu
4. Tidak gatal
5. Tidak ada luka/kelainan

Kurang lebih itu ciri-ciri vagina sehat. Vagina sendiri itu punya self cleaning system, yaitu bakteri baik alias Lactobacillus. Iya yang ada di Yakult itu, juga ada di dalem Vagina, dan mereka yang bikin PH Vagina jadi asam buat ngelawan bakteri jahat. Dan ngeluarin sel mati dan bakteri dari cervix sampai keluar lubang vagina, biasanya itu disebut Vaginal Discharge.



Nah, Vaginal Discharge ini juga beda-beda sesuai siklus period, jadi jangan kaget kalo misalnya teksturnya berubah lebih kental atau cair. Abis workout/olahraga berat juga bisa bikin keluar lebih banyak, jangan panik. Biasanya yang sehat itu warnanya bening atau putih susu gitu, selain warna itu mending cek ke dokter ya!


Sekarang aku mau bahas tips-tips untuk merawat nya nih, sebenernya gak susah kok. Karna kayak yang tadi udah aku bilang, Vagina udah ada self cleaning nya, jadi gak perlu bersihin dalem nya cukup bagian luar aja.
1. Cukup cuci dengan air bersih, GAK PERLU pake sabun mandi atau sabun khusus kewanitaan. Karna nanti PH nya bisa berubah dan juga bisa bikin iritasi, jadi jangan yaa.
2. Untuk arah cebok nya harus dari arah depan ke belakang gak boleh salah arah. Karna daerah anus itu banyak kuman dan bakteri, gamau kan kalo kuman dan bakterinya kebawa ke vagina?
3. Boleh untuk trim bulu yang ada di kemaluan supaya gak terlalu lebat dan menggangu. Nanti aku akan bahas ini di bagian akhir.
4. Pakai celana dalam yang bersirkulasi udara bagus (breathable) dan tidak ketat. Biasa nya bahan katun/cotton tuh udah paling bagus, apa lagi kalo natural cotton.
5. Jaga supaya tetep kering/gak lembap, soalnya kalo lembap bisa jamuran. Jadi rajin-rajin ganti celana dalem/pantyliner/pembalut.
6. JANGAN DI PAKEIN PARFUM APAPUN, nanti malah iritasi


Balik ke point ke tiga, untuk ngetrim/shave dkk, sebenernya ini lumayan jadi perdebatan. Karna sebenernya bulu itu juga ada fungsi nya.

Fungsi-fungsi nya
1. Mencegah iritasi kulit akibat pergesekan langsung pakaian dalam terhadap kulit
2. Melindungi dari paparan bakteri dan kotoran, supaya gak masuk ke dalam vagina
3. Mencegah terjadinya infeksi

Cuma, buat aku sendiri aku lebih nyaman kalau gak ada bulu. Karna aku ngerasa lebih bersih dan lebih gampang untuk ngeringin nya. Aku juga merasa kalo bulu nya terlalu lebat malah bikin gatel dan kulit area miss v jadi lebih gelap soalnya ke gesek-gesek. Jadi setelah pertimbangan panjang aku mutusin untuk stay tanpa bulu, alias aku rajin untuk bersihin.

Untuk pilihan menghilangkan bulunya, ada 4 metode yang pernah aku coba:

1. Trim/gunting
Enaknya di trim itu pas tumbuh gak gatel, karna kulitnya ga iritasi karna kena blade cukuran. Tapi ini lumayan tricky, karna kalo gak hati-hati bisa ngegunting kulit sendiri.
Saran aku kalo emang mau coba gunting, gunting bagian atas/yang keliatan aja. Jangan lupa harus di tempat terang dan di bantu kaca.

2. Shave/cukur
Jujur di cukur lebih enak, karna bisa bener-bener bersih semua dan gak sesusah ngetrim. Cumaaa tumbuhnya suka gatel dan tajem-tajem, bener-bener nyukurnya harus bener biar gak gatel.

Tips cukur ala aku:
- di basahin dulu area yang mau di cukur pake air anget kuku, jangan air panas yaa. ini biar pori-porinya kebuka dan nyukurnya lebih gampang
- pakein shaving cream, kalo gada pake conditioner. biar nyukurnya lebih gampang dan ngurangin resiko lecet & iritasi
- cukur ke arah tumbuh bulu, biasanya kebawah atau ke samping. plis jangan nekat lawan arah nanti sakit/iritasi
- cukurannya harus baru dan tajem, aku biasa pake gilette biru yg 2 apa 3 mata piso yang ada pelicinnya gitu
- selagi cukur, rajin dibersihin cukurannya pake air biar lancar jaya nyukurnya
- selesai cukur bilas pake air biasa/dingin, terus sabunin bagian luar aja. jangan pernah nyabunin bagian dalem vagina yaa
- jangan lupa di keringin dengan cara di tepuk-tepuk, jangan di gesek nanti iritasi
- kalo dah kering di kasih pelembap, aku biasa kasih pelembap yang shooting. buat ngurangin resiko iritasi dan gatel


3. Waxing
Buat waxing sendiri di bagi dua macem yaitu sugar wax dan hard wax. Sugar wax sendiri bahan dasarnya itu ya gula, nanti wax nya dipanasin gitu terus ditaro diatas bulu nya lalu ditempelin kain. Dan kemudian di tarik deh kainnya, lalu kecabut bulu-bulunya. Kalo hard wax bahan dasarnya kayak lilin gitu, di panasin juga terus di taro ke bagian yang mau di wax. Bedanya kalo si hard wax ini gak pake kain lagi, jadi langsung nunggu lilinnya agak ngeras, terus di tarik deh lilinnya.
Jujur aku belom pernah cobain hard wax, selama ini aku cuma pernah sugar wax. Dan itu rasanya sakit banget karna bulu aku lumayan tebel. Terus juga gak langsung bersih gitu, jadi nanti di trading atau di cabutin manual lagi buat bulu-bulu tipis yang belom kecabut.

Enaknya abis wax kulitnya berasa alus bangetttt, soalnya bulunya kecabut sampe akar. Dan tumbuhnya juga lebih lama dibanding di cukur. Tapi jeleknya pas suka ada ingrown hair, jadi suka bumpy-bumpy gitu kadang. Harus rajin di exfoliate supaya kulit matinya gak nutupin pori-pori tempat si bulu mau tumbuh. Bisa juga minta terapist tempat wax nya untuk pecahin supaya bulunya bisa tumbuh.


Tingkat sakitnya? Jangan ditanya, sakit bangetttttttt! Tapi balik lagi tolerasi rasa sakit orang beda-beda, kalo aku mendingan yang lain deh huhu


4. IPL / Laser Hair Removal
Jujur ini paling mahal tapi paling worth kalo menurut ku, karna bulu nya jadi tipis dan lama-lama bisa gak tumbuh lagi. Kalo buat treatment IPL ini bulu nya di cukur habis dulu, lalu kayak IPL di area lain di kasih gel lalu di tembak pake alatnya. Buat ku rasa sakit nya masih bisa ditahan, bahkan sebenernya cuma lebih ke kaget dibanding sakit.


Aku sekarang udah treatment ke 3, treatment 1 bulu nya tumbuh lebih tipis dan lebih lama. Dua minggu setelah aku treatment ke 2 bulu nya rontok dan tumbuh bulu baru. Tapi belom merata di semua bagian, karna di beberapa bagian ada yang emang akarnya lebih tebel. Jadi baru rontok di treatment ke 3 deh, cuma so far langsung berasa banget. Dan juga kulit aku jadi alus banget, dan jarang ada bumps.


Untuk harga sendiri
IPL Brazillian untuk bagian V I  - Unlimited - 6 jt di ZAP
Sugar Wax Brazillian - 1x wax - sekitar 125rb di WL Waxing


Tambahan tips mencerahkan area selangkanan:
- rajin exfoliate, kalo aku biasanya luluran atau pas mandi pake loofa
- di pakein pelembap biar ga kering, karna kalo kering nanti jadi gampang menghitam kalo kegesek
- jangan pake celana dalam yang ketat, biar gak gampang ke gesek-gesek

Semoga ini bisa ngebantu kalian yang masih binggung, jangan lupa di research lagi di google sebelum coba-coba cari plus-minus nya dulu. Kalo mau tanya-tanya drop aja di komen!


Thank you for reading and see you next post!
(●´・∀・`)ノ”βyё-βyё☆

Instagram : @giselavi_
Twitter : @giselavi_
Facebook : GiselaV

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Blogger Ceria

BeautieSquad