Diary

Jogja Trip : Planning Liburan ke Jogja! ON BUDGET

8:27 PM

Halo mentemen!
Maafkan aku yang udah lama banget vakum ngeblog, karna jujur aku belom terinspirasi untuk nulis apa-apa. Tapi sekarang aku telah kembali, setelah aku liburan ke Jogja!
Iya, jadi aku baru pulang liburan dari kota pelajar ituuu, sebenernya gak baru-baru banget juga sih. Udah sekitar semingguan, jadi aku itu ke Jogja tanggal 14-18 Januari 2019. Aku pergi berdua doang sama temen aku Ummu, dia blogger juga tapi asal Bali dan kita langsung janjian buat ketemuan di Bandara Jogja.


Jadi emang aku liburan ini lumayan modal nekat, karna planning ngomong 'yuk ke jogja' itu di Desember 2018. Tapi tau lah yah, biasanya yang kayak gitu cuma ngomong doang. Makanya pas lagi pada SALE akhir tahun, aku langsung cus beli tiket pesawat pulang pergi. Biar atleast, udah fix pergi nya jadi. Kan sayang juga kalo tiket nya di batalin, walau sebenernya bisa di refund.
So, kalo kalian mau ngajak temen buat liburan bareng langsung aja paksa beli tiket pulang pergi. Dijamin 80% bakalan jadi jalan lol

Ngomong-ngomong soal beli tiket, aku beli tiket nya via Tokopedia. Karna waktu itu lagi cashback sampe 200rb untuk tiket pesawat, jadi langsung cus deh beli. Total harga tiket aku pulang-pergi sekitar 750rban, sebenernya di website lain atau di travel bisa lebih murah. Aku cek ada yang cuma 650-700rb, tapi berhubung aku dapet cashback 150rb jadi tetep untungan beli di Tokped.
Aku naik AirAsia btw, karna dia yang paling murah. Dan perjalannya cuma satu jaman, jadi gapapa lah sempit-sempitan bentar.



Nah, abis beli tiket kita belom planning sama sekali mau jalan kemana aja. Bahkan mau nginep dimana juga masih belom tau, yang pasti kita bakalan nginep di airbnb supaya murah. Maklum ini ala-ala backpakeran gitu, jadi demi menghemat no hotel-hotel club!

Sampe udah H-7 jalan kita baru planning mau kemana, dan baru mulai cari airbnb yang cocok. Akhirnya setelah ngubek-ngubek website, aku nentuin di 2 airbnb/homestay yaitu Glory Homestay dan Abrakadabra Airbnb. Karna kita nginepnya 4 malem, jadi 2 malem di Glory dan 2 malem di Abrakadabra. Sebenernya mau sih stay di satu tempat aja, tapi gak dapet buat langsung 4 malem. Jadinya dipisah deh, mumpung 2 tempatnya lucu jugaaa. Btw aku booking nya pake booking.com, gak di sponsorin yaa. Cuma berhubung di sana lumayan murah & bookingnya gampang, gak pake dp pula. Langsung bayar cash di tempat. Dan biaya nginep aku buat 4 malem cuma 500rban berdua, jadi semalemnya aku cuma bayar sekitar 63rb/malem.

via booking.com

Tempat bobo udah booking, terus lanjut ke itinerary dah. Berhubung di Jogja sekarang banyak banget cafe-cafe unyu, kita mutusin buat muter-muter di daerah kotanya aja. Tapi tetep ada sehari yang kita khususin buat liat pemandangan alamnya Jogja, nyesel banget kalo sampe gak ke taman bunga matahari & amarilis yang sempet hits itu ya kan.
Jadi mulailah aku ngelist satu persatu cafe unyu yang harus di sambangin, karna emang lumayan banyak. total ada sekitar 20 cafe lebih! Tapi ujungnya gak semua di datengin juga sih, dan bahkan pas keliling disana langsung. Banyak banget cafe yang belom hits! Alias masih belom terjamah orang-orang instagram. Dan harga makannya murah-murah semua, kayak setengah harga makanan di Jakarta!!


Demi penghematan lebih lanjut, kita mutusin buat sewa motor. Karna murah banget sewa motor disana, mulai dari 50-100rb perharinya. Aku mutusin sewa motornya di tempat aku nginep aja, karna males buat ambil/balikinnya juga. Aku sewa perharinya 75rb, dan ngisiin bensin cuma 20rb buat muter 2 hari itu pun lebih dari cukup. Karna ternyata Jogja itu kecil, gak kayak jekardahh. Kemana-mana deket banget dan gak macet, jadi bensin pun awet banget.

Jadi sampe sini budget yang aku keluarin baru satu jutaa!
Tiket pesawat pulang-pergi : 750rb - cashback 150rb = 600rb
Penginapan 4 malem : 500rb di bagi dua, seorang 250rb/4 malem
Sewa motor 4 hari (4x24 jam) : 300rb di bagi dua, seorang 150rb
bensin udah diisiin dari tempat sewa nya, tp nambah paling banyak 50rb buat isiin bensin.

Coba kalo nginepnya di hotel, semalem aja paling murah 300rb. Sejuta udah abis buat 3 malem, belom termasuk tiket dan transportasi di sana.

Tinggal makannya aja di itung sehari mau keluarin berapa. Sebenernya kalo kalian mau cuma jalan-jalan santai aja, gak ngejer foto pindah-pindah ke cafe sana sini. Budget makan kali bisa banget di teken dibawah 100rb perharinya, tapi karna aku mamam nya di cafe mulu yakan. Jadi lah uang buat makannya mayan banyak, sehari aku budgetin 200rb. Itu belom termasuk belanja oleh-oleh di malioboro juga sih.

Kalo untuk wisata lokalnya sendiri murah banget! Aku masuk ke taman bunga, yang ada bung matahari dan amarilis cuma 5rb aja! Udah gitu di pinjemin topi pulak, padahal tadinya aku mau beli topi cantik ala-ala yang harganya 70-100rb di malioboro cuma buat foto doang. Untung banget gak jadi beli. Buat masuk ke Hutan Pinus juga murah, gak sampe 20rb berduaplus motor. Intinya kalo mau liat keindahan Jogja nya sendiri itu masih terjangkau banget!


Jadi kurang lebih begitu lah, budgeting aku buat ke Jogja. Buat jajannya sendiri sih aku bawa satu juta, jadi total 2 juta udah sama belanja!
Nanti di next post aku bakalan bahas cafe apa aja yang wajib banget di datengin di Jogja, so staytune terus di Instagram aku. Supaya tau updatean terbaru!

Thank you for reading and see you next post!
(●´・∀・`)ノ”βyё-βyё☆



Find me on
Instagram : @giselavi_
Twitter : @giselavi_
Facebook : GiselaV

You Might Also Like

4 comments

  1. Tempat nginepnya jauh dari malioboro gak cel? Liat foto2nya di ig seru bgt kayaknya 😍

    ReplyDelete
  2. Gisel serunya, makasih lho udah bagi-bagi pengalamannya. Ditunggu kelanjutan cafe cafenya ya, Jogja selalu ngangenin ��

    ReplyDelete
  3. aku masih gapaham konsep airbnb tuh kayak apa ya kak? kok bisa murah bangettt😭 aku uda booking hotel hikss 5 malem hampir 2jt😭😭😭

    ReplyDelete
  4. Murah banget penginapannya kak per hari cuma 63.000 an
    Memang paling asyik eksplore suatu kota naik motor ya, mau kemana-mana lebih fleksibel

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Blogger Ceria

BeautieSquad