Diary

Coral Triangle Day - Selamatkan lah Laut Kita!

9:44 PM

Halo temen-temen!
Taukah kamu kalo tanggal 9 Juni kemarin adalah perayaan Coral Triangle day? Coral Triangle atau yang biasa di sebut Segitiga Terumbu Karang adalah istilah geografis untuk perairan di wilayah Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Salomon dan Timor Leste yang kaya akan terumbu karang. Dan sebagai salah satu daerah yang terbesar tentunya Indonesia harus menjaga kelestarian dari terumbu karang itu sendiri. Tahun ini Coral Triangle Day diadakan di Giethe Institute pada tanggal 16 Juni kemarin. 

Aku seneng banget bisa dateng ke acaranya, karna aku dapet banyak ilmu yang mau aku share ini.

Pertama-tama aku mau share betapa miris nya aku ngeliat gambar-gambar ini beredar di media sosial dengan luasnya.





Foto-foto diatas menunjukan betapa hancurnya lautan di seluruh penjuru dunia, gak cuma di Indonesia aja. Padahal laut itu adalah salah satu sumber kehidupan terbesar loh!

Dan Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang mempunyai laut terluas di dunia. Bayangin coba gimana kalo semua laut Indonesia hancur semua? Alias kotor dan penuh racun.
1. Segala hewan di laut pastinya mati, gak bakalan lagi ada bahan pangan dari laut termasuk garem.
2. Transportasi laut pun ikutan mati pasti nya kalo laut nya penuh dengan sampah semua. Ya gimana mau jalan coba kalo semua air nya ketutup sampah?
3. Hilangnya wisatawan, padahal laut di Indonesia salah satu tujuan yang ramai di kunjungin wisatawan asing.
4. Berkurangnya minyak yang dapat di produksi Indonesia. Karna sebagian minyak yang di 'produksi' di Indonesia itu di dapat alias di bor di laut.
5. Dan pastinya banyak banget yang kehilangan lapangan kerja

Ujung-ujungnya kerugiannya bakalan banyakk bangetttt.
Karna hasil laut adalah salah satu pemasukan terbesar untuk Indonesia.



Pantai Kuta, Bali

Dan diatas adalah contoh yang bikin aku heart breaking banget, karna foto diatas ini adalah di Indonesia. Bayangin pantai Kuta, Bali yang selalu jadi tujuan wisatawan asing kotornya parah begitu. Bahkan foto salah satu danau di Jakarta sampe masuk ke artikel orang luar. 

Jujur aku sedih banget liatnya, karna sampah-sampah ini gak cuma ngerusak laut tapi juga membunuh hewan-hewan laut.

Sebenernya cara untuk menyelamatkan laut kita ngampang kok, di mulai dari hal-hal kecil yang jarang kita sadarin. Kita bisa memulai dari Tidak Membuang Sampah Sembarangan, emang kelihatannya sepele tapi sangat berpengaruh.

Ini beberapa tips yang kalian bisa praktekan dengan mudah.
1. Selalu bawa kantong atau tas sendiri saat berbelanja. Aku biasanya selalu selipin tote bag di tas tenteng ku supaya kalo tiba-tiba mau belanja aku gak perlu minta plastik lagi.

2. Coba daur ulang atau pakai kembali packaging. Aku dari kecil suka mendaur ulang barang-barang bekas pakai seperti botol plastik atau paper bag. Dan juga biasanya aku suka pake plastik yang aku dapetin dari store untuk berbelanja ulang.

3. Biasakan membawa botol minum dan tempat makanan yang reuseable. Aku biasanya selalu bawa paling engga botol minum kecil kemana-mana dan kalau beli makanan yang di bungkus aku biasanya bawa kotak makan sendiri. Supaya mengurangi pemakaian plastik dan juga streofoam yang susah untuk di hancurkan.

4. Dan pastinya biasakan membuang sampah pada tempatnya, kalo gak ada tempat sampah ya di pegang dulu sampe ada tempat sampah baru di buang.

Karna sebagai Warga Negara Indonesia kita WAJIB melestarikan budaya dan juga keragaman di Indonesia termasuk laut kita.

Thank you for reading and see you next post!
(●´・∀・`)ノ”βyё-βyё☆

Find me on
Instagram : @giselavi_
Twitter : @giselavi_
Facebook : GiselaV

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Blogger Ceria

BeautieSquad